Saturday, October 3, 2009

Masjid Nabawi Saat ini

Fasiltas Payung di halaman Masjid Nabawi (April 2009)

Masjid Nabawi, dengan sentuhan teknologi saat ini terus dilengkapi dengan fasilitas canggih dimana kesemuanya itu tidak terlepas dari kepedulian kerajaan Arab Saudi untuk mempermudah pelaksanaan ibadah haji dan umrah bagi kaum muslim yang datang dari seluruh penjuru dunia.



Fasilitas Payung di dalam Masjid Nabawi

Saat ini di Masjid Nabawi telah ditambah fasilitas baru berupa payung otomatis yang dipasang di halaman Masjid. Payung otomatis yang selama ini terpasang di dalam masjid Nabawi (dari pintu An Nissa menuju Raudah, akan kita jumpai payung-payung raksasa ini) saat ini juga telah menghiasi halaman masjid. Keberadaan payung-payung ini semakin membuat nyaman dan khusu' jamaah yang melaksanakan ibadah Sholat di halaman. Payung-payung ini seperti juga yang ada di dalam masjid akan mengembang jika cuaca terik matahari sudah dirasakan panas.
Duduk santai di halaman masjid Nabawi
Duduk di halaman masjid Nabawi, sambil memandang ke arah masjid dan mengamati lalu lalang jamaah haji sangat mengasyikkan. Saya sendiri biasanya sering duduk-duduk di halaman ini sehabis sholat Ashar, udaranya terasa sejuk karena hangatnya matahari, maklum udara di Madinah pada saat itu sangat dingin. Terkadang saya menemukan saudara muslim dari beberapa negara dan di halaman itu kami saling tukar pengalaman dan biasanya pembicaraan akan selalu berkisar terhadap perkembangan dakwah di negara masing-masing. Diskusi pembukaan biasanya berkenalan nama, dari mana asal, dengan siapa berangkat haji, dst sampai bertukar alamat untuk bisa contact setelah pelaksanaan haji. Tidak jarang disana bisa bertemu dengan penduduk lokal yang membawa keluarganya, nah biasanya mereka membawa teh Arab (teh-nya ngga pakai gula), terus ada makanan arab sejenis roti dan yang pasti ada kurma rukhtob (kurma muda yang biasa dimakan saat iftar/buka puasa).
Dengan adanya fasilitas payung ini di halaman masjid, saya jadi membayangkan bagaimana nikmatnya duduk di halaman masjid ini jika saja saat pelaksanaan ibadah haji saya waktu itu sudah tersedia fasilitas ini. Beruntunglah Anda yang tahun ini akan menunaikan panggilanNya..Labbaik Allahumma labbaik. berbagai kemudahan untuk pelaksanaan haji Anda sudah tersedia, jangan sia-siakan kesempatan ini untuk memperbanyak ibadah tatkala Anda sudah berada di tanah suci, karena begitu banyak yang bisa menunaikan haji namun mereka tidak pandai mensyukuri nikmat tersebut di sana. Adapun keuntungan kita bisa mengunjungi Masjid Nabawi untuk dapat sholat didalamnya, sebagaimana Sabda Nabi Muhammad SAW :
"Sholat di masjidku ini (masjid Nabawi) lebih utama 1000 kali dibanding sholat di masjid lainnya kecuali Masjidil Haram dan sholat di Masjidil Haram lebih utama 100.000 kali sholat daripada masjid lainnya (HR.Ahmad, Ibnu Huzaimah dan Hakim)"

2 comments:

azizah said...

Melihat suasana foto2 madinah posting H abu sofyan membuat saya kangen pengen kesana lagi,semoga Alloh meridhoi..dan mengizinkan saya sekeluarga untuk kembali kesana, April 2009 lalu saya sekeluarga Alhamdulillah di beri kesempatan untuk melaksanakan Ibadah umroh, mungkin segalanya sekarang lebih terkoordinir seperti contoh misalkan masuk ke Roudhoh untuk wanita sekarang lebih rapi,meskipun berdesak2kan tapi bisa terkoordinasi ,tak seperti waktu haji dulu.

Abu Syafwan said...

Subhannallah, Semoga Allah meluaskan rezeki dan memberi kesehatan kepada Ibu sekeluarga sehingga niat suci Ibu terkabul.Tidak ada yang tidak mungkin jika Allah berkehendak. Salam