Friday, October 2, 2009

Mencari Jasa Badal Haji

Masalah menghajikan orang lain (Badal Haji) di kalangan ulama terjadi perbedaan pendapat diantaranya ada yang mebolekan ada yang tidak. Yang membolehkanpun ada dua pendapat akan syarat diperbolehkannya pelaksanaan badal haji ini.Saya tidak akan mengulas masalah fikh badal haji ini, tetapi saya akan mencoba membahas dari sisi pelaksanaannya jika pendapat badal haji merupakan keyakinan Anda hal itu diperbolehkan.Sebagian dari jamaah atau mungkin kaum muslimin yang hendak mem “badal haji” kan orang tua mereka umumnya belum memiliki informasi seputar bagaimana melaksanakannya. Kemudian timbullah pertanyaan :

  1. Bagaimana mendapatkan orang yang mau melaksanakan badal haji
  2. Bagaimana mengenai upah haji/badal haji, berapa besarnya
  3. Siapa atau ada badan usaha yang memang spesialis mengerjakan order badal haji ini
  4. Bagaimana kita percaya kepada orang yang kita beri amanah tersebut
  5. Apa buktinya mereka sudah melaksanakan amanah badal haji

Dan masih banyak pertanyaan lain bagi mereka yang ingin mengupah orang untuk melaksanakan badal haji.
Di Mekkah sendiri sebenarnya banyak yang menawarkan jasa badal haji ini, baik yang sifatnya organisasi/Agent (seperti KBIH lah kira-kira) atau yang bebas/perorangan. Untuk yang perorangan banyak didominasi oleh mahasiswa yang sedang belajar baik di universitas yang ada di Mekkah, Madina atau Mesir. Mereka ini umumnya merupakan mahasiswa dari Indonesia maupun Malysia. Untuk mahasiswa Indonesia meraka sekalian merangkap sebagai tenaga musiman yang direkrut oleh Depag dalam membantu jamaah haji Indonesia selama di tanah suci.
Upah haji yang mereka minta biasanya untuk mahasiswa Universiti Umm Al-Qura Makkah dan Universiti Islam Madinah adalah sekitar 2000 sampai 3000 Riyals Saudi. Tetapi tergantung dari negosiasi Anda dan mahasiswa juga sih, terkadang bisa lebih murah. Namun yang penting bukan mahal dan murahnya jasa yang perlu diwaspadai adalah apakah pelaksanaannya benar dan amanah atau tidak. Jika sudah sepakat maka akan dilakukan ijab kabul tanda terjadi ikatan kewajiban badal haji tersebut. Para pelaksana badal haji ini juga biasanya ada yang mengkoordinir mencarikan job badal haji bagi rekan-rekannya dan untuk mencari jasa ini tidaklah sulit karena Anda bisa menanyakan ke petugas haji Indonesia di lapangan yang memang banyak direkrut dari mahasiswa tsb.
Disamping itu biro jasa badal haji ini juga bisa Anda temui dibeberapa lokasi rumah makan Indonesia, ketika Anda menanyakan masalah jasa badal haji ini maka mereka bersedia membantu, Cuma harga jasa yang ditawarkan cukup mahal dibanding mengambil jasa dari mahasiswa tadi. Uniknya Anda yang memanfaatkan jasa badal haji ini baik melalui biro jasa taupun perorangan akan mendapat souvenir dari mereka seperti sajadah, Kaset Quran, Quran, Tasbih, Kopiah, Sijil (surat keterangan badal haji, semacam sertifikat sudah dilaksanakan he he) dan sebagainya tergantung pada orang yang akan menjalankan ibadah badal haji tersebut.Cara lain adalah dengan meminta bantuan petugas kloter / pembimbing haji kloter Anda yang mungkin sudah berulang kali haji karenatugasnya membimbing.Kalau pendekatan ini bisa Anda lakukan maka Anda sangat beruntung karena disamping pelaksanaannya benar juga amanah. Hanya terkadang mereka mematok tarif yang lebih tinggi, pernah ada yang tega minta upah sebesar biaya BPIH loh..bayangin hampir 30 juta.Tetapi saya yakin tidak semua begitu, mungkin pembimbing ini sayang untuk melepas pahala sunnah haji yang diperoleh, sehingga dia memasang tarif tinggi.

3 comments:

Asadulbarri said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

iya tuh artis saiful jamil baru saja melakukan badal haji untuk almarhumah istrinya.

Zaen said...

Biasanya setiap Travel Haji Khusus melayani Jasa badal Haji dengan dilengkapi sertifikat dan Piagam.