Wednesday, September 30, 2009

Buku Cara Mabrur Naik Haji & Umrah Versi Komik


Cerita Haji memang tidak pernah habisnya untuk dikupas dan dibahas, karena pengalaman spiritual haji sangat bervariasi antara yang satu dengan lainnya. Semua itu sah-sah saja selama cerita tersebut tidak dilebih-lebihkan. Yang sangat penting adalah bagaimana pesan pelaksanaan haji sesuai dengan yang dicontohkan oleh Rasululloh Shallolohi alaihi wassalam dapat diterapkan kepada calhaj selanjutnya sehingga cerita tersebut bukan hanya cerita semata namun dapat bernilai ibadah.
Begitu juga dengan bermunculan buku-buku tuntunan ibadah haji dan umrah baik versi elketronik maupun yang klasik dalam bentuk buku/buletin dan lain sebagainya. Cuma bagi saya ada satu buku tuntunan yang cukup unik dan sepertinya baru ini saya temui, penyampaian tuntunan ibadah haji dan umrah disampaikan dalam versi komik dengan gambar-gambar berwarna.
Pada deskripsinya buku ini memfokuskan pada pembahasan persiapan non teknis seperti :meliputi tips sejak berangkat, perlengkapan, kesehatan, dokumen penting, persiapan mental dan phisik, perjalanan lewat udara,proses imigrasi, pemahaman kota mekkah, madinah, dan lain-lain.
Dengan ulasan seperti ini mungkin lebih memberikan kemudahan dan saya tarik bagi pembacanya, khususnya bagi calon jamaah yang sudah berumur atau mungkin bisa menjadi bahan pengenalan ibadah haji dan umrah bagi anak-anak kita.


Salah satu contoh isi dari buku "Cara Mabrur Naik Haji dan Umrah"
Semoga dengan upaya-upaya dakwah yang kreatif seperti ini semakin mempermudah sampainya misi dakwah.
Catatan : saya belum membaca buku ini, sehingga saya tidak bisa merekomendasikan apakah buku ini layak atau tidak untuk antum jadikan referensi.

Memanglah segala persiapan ilmu manasik harus menjadi perhatian untuk dapat menyempurnakan ibadah haji kita, karena tidak sedikit saudara-saudara kita begitu menyesali pelaksanaan ibadah hajinya ketika sudah kembali ke tanah air.

Hadits Riwayat Sunan Tirmidzi ” ‘an Abi huroirota qola qola Rosulullohi Solallohu ‘alaihi wa salam al-umrotu ilal ‘umroti tukaf-firu ma baina huma wal haj-jul mab ruru laisa lahu jazaaun il-lal jan-natu”

Dari Abi Huroiroh (dia) berkata (bahwa) bersabda Rosululohi semoga Alloh memberikan rohmat dan salam atas Beliau Nabi, (adapun ) umroh sampai umroh (itu) melebur apa-apa yang ada di antara keduanya, dan haji mabrur (yang baik) tidak ada pembalasan kecuali surga”

Untuk mendapatkan balasan surga bukanlah perkara yang mudah, untuk itu dengan ilmu yang benar, Insya Allah dapat menuntuk kita untuk mencapainya.

No comments: