Tuesday, October 20, 2009

Hitung Rupiah Anda ke Riyal


Mata uang yang digunakan sebagai alat pembayaran di Arab Saudi adalah Riyal, jadi jangan berfikir bahwa anda akan memperoleh alat tukar Dinar maupun Dirham sebagaimana yang pernah berlaku di jaman Rasulullah.
Mata uang Riyal terdiri dari beberapa nilai nominal : 1, 2, 5, 10,20,50,100, dan 500 Riyals.
Nilai yang tercantum memang kecil, tapi jika anda konversikan ke rupiah baru terlihat kalau nilainya sangat tinggi. Untuk mengenali nilai nominal mata uang Riyal tidaklah sulit, walaupun anda tidak paham akan aksara Arab karena dimata uang itu dicantumkan juga angka desimal yang menunjukkan nilai nominal uang. Kemudian anda perlu tahu juga berapa sih nilai 1 Riyal jika dikonversikan ke rupiah, minimal sebagai bahan pertimbangan Anda untuk menawar kelayakan suatu barang yang akan dibeli atau juga pertimbangan apakah Anda akan menukar rupiah/dollar di tanah air atau di tanah suci.


nah sebagai pembantu informasi nilai kurs Anda dapat mengunjungi salah satu situs di internet ini (klik di sini) yang bisa memberikan informasi real time nilai kurs seluruh mata uang di dunia ini. Anda tinggal memasukkan berapa satuan yang akan di konversi (misalnya : 1), lalu anda masukkan dari mata uang negara mana / From (misal : Saudi Arabian Riyals), kemudian anda isikan lagi kemata uang apa /into (misal :Indonesian Rupiah), lanjutkan dengan klik Calculate, dalam sekejap akan ditampilkan hasil konversi ( pada tanggal 21 Oct 2009 saya coba konversi 1 Riyal = Rp2.529,83 ). di Bank Syariah Mandiri kurs 1 Riyal = Rp 3.000,-


Kenapa saya infokan soal kurs ini, tidak lain dari pengalaman saya menukar rupiah di tanah suci lebih untung dibanding di tanah air. Lumayan anda dapat menghemat sebesar +/- Rp 500 untuk setiap 1 Riyal. Lagian anda kan sudah dapat uang Living Cost yang anda terima dalam bentuk riyal yaitu sebesar 1500 Riyal. Sebenarnya uang ini lebih dari cukup untuk biaya hidup anda selama di tanah suci, pengalaman aku pada Haji 1427 H dengan uang segitu aku sudah bisa bayar Dam Tamattu dan bawa oleh-oleh seperti Al Qur'an, Sajadah ada 5 buah dengan kualitas bagus, tasbih, peci haji, kurma, dan lain-lain dalam jumlah cukup. Anda sebenarnya bisa berhitung rata-rata makan anda satu kali paling besar 10 Riyal dengan nilai 10 Riyal anda sudah mendapatkan menu yang layak (plus buah), apalagi jika anda berdua suami-isteri. Anggap dalam satru hari 30 Riyal, anda kalikan 30, maka untuk makan baru 900 riyal, kemudian Dam Tamattu 250 Riyal (sdh termasuk bonus ziarah), maka anda baru menghabiskan 1150 Riyal. Berarti masih ada sisa uang living cost anda sebesar 350 Riyal. Lain cerita jika anda ingin membeli souvenir yang aneh-aneh, perhiasan, ambal, ceret kuning, dll. Berapapun uang yang anda bawa akan habis.

Nah..jika anda punya keinginanan untuk menukar uang, maka disana sangat mudah anda temui Money Changer sebagaimana kalau di Palembang anda melihat warung yang jual mpek-mpek. sangat mudah dan aman dan nilai tukarnya transparan. Untuk itu anda cukup bawa uang rupiah dengan nominal 100 ribuan aja, dan pengalamanku bawa dollar amerika nilainya justru kurang bagus disana. Lebih tinggi harga jual rupiah dibanding dollar.
Software online lainnya yang bisa Anda coba, disini dimana tampilannya seperti gambar di bawah ini;


http://finance.yahoo.com/currency

1 comment:

bapake kautsar, thariq n sulthan said...

assalamualikum,

numpang kenal, saya madjid,
terima kasih atas info anda tentang sofware konversi mata uang. sangat membantu menghitung kurs.

syukron

wassalam