Friday, October 16, 2009

Berburu Kaos Kaki Wool Turkey


Kaos Kaki Lucu

Benda yang satu ini terkadang luput dari perhatian JCH. Kelihatannya sepele, tetapi ketika sudah berada di tanah suci maka benda kecil ini ternyata banyak dibutuhkan oleh JCH khususnya ketika menghadapi musim dingin di Madinah.


Kaos kaki haji yang biasa dipromosikan oleh penjual perlengkapan haji seperti belum memenuhi standar untuk mengatasi dinginnya cuaca di sana.Karena kaos kaki yang ditawarkan hanya bersifat memenuhi check list perlengkapan haji saja, namun dari sisi fungsi Anda harus berpikir kembali. Harganya sih memang murah, tetapi seharusnya bukan masalah harga yang jadi acuan. Terkadang saya senyum-senyum aja melihat JCH ketika di tanah suci, dimana pakaian yang digunakan sudah lusuh-lusuh malah ada yang pergi ke masjid masih menggunakan pakaian tidur, perlengkapan pendukung seperti kaos kaki, masker, dan lain-lain juga kurang menjadi perhatian. Herannya ketika akan berangkat dan pulang haji, mereka bisa mengadakan pesta besar-besaran dengan nama Walimatussafar yang biayanya tidak sedikit. Dan lucunya lagi, ketika akan pulang ke tanah air terjadi pemandangan yang menurutku aneh, di Jeddah semua jamaah sudah mulai menyiapkan pakaian-pakaian baru dengan nuansa timur tengah, yang laki-laki pakai jubah mirip syekh Puji (yang lagi populer) plus sorban layaknya orang-orang di Arab Saudi. Yang ibu-ibu juga tak kalah ketinggalan, mulai tampil dengan pakaian putih berkerudung rame, pakai pacar ditangan, dan tak lupa melengkapi diri dengan berbagai acessories seperti pernik-pernik gelang dsb. Kenapa, saya bilang lucu..dan aneh ya iyalah..ketika akan sujud dihadapan Allah di dua masjid yang diagungkan tidak pernah berpenampilan yang indah-indah tetapi ketika akan dilihat orang sekampung mereka pada bersolek luar biasa. Bagaimana mungkin, lebih senang bersolek untuk manusia ketimbang Allah Sang Maha pencipta. Berhati-hatilah jangan sampai Anda menjadi bagian dari ritual haji seperti ini, jangan setelah bersusah payah menyelesaikan segala prosesi haji di tanah suci, Anda akan masuk kedalam perangkap syaiton yang menjadikan Anda orang yang riya'.Lho..koq jadi ngelantur..bukankah judulnya tentang Kaos kaki..

Ohh iya, begini, kaos kaki haji yang dibeli di tanah abang, walaupun tebal (biasanya warna selalu putih) tetapi bahannya lebih banyak Nylon. bahan ini kurang bagus untuk kesehatan kaki, kemudian kurang mampu untuk menahan dingin. Aku sarankan belilah kaos kaki dengan bahan wool, tidak perlu yang berwarna putih (mayoritas bahan dari wool jarang yg putih), biasanya dijual di toko perlengkapan musim dingin. Untuk kaum hawa, malah banyak pilihan kaos kaki yang lucu-lucu, contohnya gambar di atas. Jadi disamping menggunakan kaos kaki (seperti kaos kaki wudhu), Anda bisa menambahkan dengan memakai lagi kaos kaki wool. Kalau sudah ditanah suci, Anda bisa cari kaos kaki yang dirajut dengan benang wool bentuknya seperti khuf untuk perempuan. Kaos kaki ini banyak dijual oleh jamaah asal Turkey.

Pedagang kaki lima di sekitar tenda di Mina

Coba aja kalau jalan dikaki lima biasanya ada (tapi kalau di Madinah setahu aku tidak ada). Atau ketika Anda berada di Mina cobalah sambil jalan-jalan disekitar tenda, biasanya banyak yang jual. Jamaah kita, khususnya Ibu-ibu biasanya selalu berburu kaos kaki dari Turkey ini, baik untuk dipakai disana atau untuk oleh-oleh bahkan koleksi. Cara mendapatkannya bisa dengan beli atau dengan tukar souvenir ke jamaahnya, pokoknya asal dapat. Harga kaos kaki ini 1 pasangnya berkisar 10 sampai 15 Rls. Isteriku dapat ngoleksi 3 pasang.



Kaos Kaki, made in Turkey


Di Indonesia, ada juga yang jual kaos kaki seperti ini cuma buatan Korea setahuku, bahan dan bentuknya mirip. Contohnya gbr berikut.


Kaos Kaki, made in Korea

Untuk pria, bisa cari kaos kaki dengan bahan wool (domba) coba cari aja di Pasar pagi mangga dua Jakarta harganya yang tebal berkisar 50 ribuan. Dengan perlengkapan yang memadai untuk mengatasi musim dingin, maka akan membantu khusu'nya ibadah Anda. Jangan sampai karena masalah kecil seperti ini, kosentrasi Anda untuk khusu' dalam sholat menjadi terganggu karena harus menahan dinginnya udara disana.

Khuf


Selain kaos kaki berbahan baku wool di atas, Anda bisa cari alternatif lain dengan memakai Khuf. Usahakan yang terbuat dari kulit. Khuf ini biasa digunakan semasa Rasululullah SAW, dan pengalamanuku pakai khuf, enak cukup bisa diandalkan untuk melawan udara dingin. Dulu aku beli khuf di sana yang bahan kulit asli di Mall Bin Dawood, seharga 30 Rls (ada untuk pria dan wanita, kalau untuk pria bentuknya seperti sepatu boot kalau yg wanita seperti contoh kaos kaki di atas/yg kembang-kembang).


Suasana pedagang kaki lima di Mina



Selama di Mina, Anda bisa memanfaatkan waktu luang dengan berjalan-jalan disekitar tenda, mungkin ada pernak-pernik yang menarik hati untuk dijadikan cindera mata.

Selamat hunting (Berburu Kaos Kaki Wool, made in Turkey), cari perlengkapan lagi ya..

1 comment:

~PenulisJarang~ said...

Pak,lagi baca2 buku panduan haji dr telkomsel yg dibagikan saat manasik akbar. Blog bapak jadi narasumber juga lho :D