Saturday, November 17, 2007

Fasilitas Haji Super Mewah


Kalau kita mendengar haji plus / ONH Plus selama ini merupakan sesuatu yang kalau dibayangkan pastilah Wah...ya betapa tidak untuk bisa berangkat dengan fasilitas ONH Plus tentunya hanyalah orang-orang yang berkantong tebalalias kaya.Namun bagaimana dengan Haji super mewah pernahkah Anda mengetahuinya. Haji super mewah menawarkan fasilitas di atas ONH plus dan ternyata memang benar-benar ada. Harian Arab Saudi, Al-Watan pernah mengungkapkannya dalam beberapa edisi lalu. Jemaah haji super mewah ini tak merasakan lagi seperti berhaji pada umumnya. Fasilitas yang mereka dapatkan diantaranya selama di Mina, dalam satu tenda di Mina mereka bisa sendirian atau dengan keluarga dengan fasilitas layaknya hotelberbintang. Tapi ngomong-ngomong berapa taripnya ?. Menurut Thariq Atsaqafi, seorang pengelola haji super mewah ini, tarip terendah pelayanan haji super mewah ini adalah 6.900 Riyal, setara Rp 17.250.000. Namun, yang termahal bisa mencapai 65.000 Riyal atau setara dengan Rp 162.500.000 (baca seratus enam puluh dua juta lima ratus ribu rupiah) yang jika dikurs dolar menjadi 17.350 USD. Kemewahannya atau fasilitasnya, menurut Thariq, jemaah sudah dijemput di bandara Jeddah dengan kendaraan limousin atau superband keluaran tahun 2006. Mereka tinggal layaknya di bintang lima. Tenda di Mina diubah sedemikian rupa sehingga menyerupai hotel berbintang lima. Di ruangan ini tersedia komputer dan internet. Makanan dan minuman tersedia, juga fasilitas seperti faksimile dan telepon. Juga, televisi yang bisa memonitor kondisi tempat melontar jamarat serta pelajaran manasik haji.

Pengakuan Iman As-Syaikh, seorang juru masak sebuah hotel berbintang lima di Riyadh yang sudah lima tahun melayani haji super mewah ini, mengatkan kalau kemewahan berhaji seperti ini tak terbayangkan. Makanan dikenakan mahal. Menurut Iman, untuk sarapan saja dikenakan biaya 150 Riyal. Untuk makan siang dan malam dikenakan masing-masing 200 Riyal. Bayangkan, untuk haji khusus Indonesia saja selama di Arafah mina hanya dikenakan 250 Riyal. Sementara jemaah haji membayar makan selama lima hari kepada muassasah sebesar 300 Riyal.Selama melakukan ritual haji dari Arafah, Mina, dan Mekah, jemaah haji super mewah menikmati layanan kelas satu dengan kendaraan superband sendirian atau dengan keluarga. “Kami akan mengantarnya kembali ke bandara dengan kendaraan yang sama,” kata Thariq, manajer sebuah hotel di Riyadh itu.
Catatan:

Sesungguhnya Allah tidak menyukai yang berlebih-lebihan, dan dengan kemewahan itu bukan jaminan untuk memperoleh haji yang mabrur. Namun banyak juga jamaah yang sebenarnya mampu memanfaatkan kekayaannya dengan mengambil haji plus tetapi bergabung dalam haji biasa, dan menurut mereka banyak kelebihan jika ikut jamaah haji biasa, minimal menikmati jamuan sebagai tamu Allah, yaitu kelezatan ibadah ruhani yang tidak dapat terlukiskan. Silahkan Anda memilih sendiri mana yang menurut Anda menjadi pembenarannya. Wallahualam

No comments: