Wednesday, November 7, 2007

Berat Barang Bawaan


Pakaian tak perlu banyak.
Terlalu banyak membawa baju malah mubazir dan merepotkan. Banyak jamaah yang terlalu khawatir dengan pakaian disana, akhirnya membawa pakaian sebanyak-banyaknya, yang terjadi malah pakaian tersebut banyak yang tak terpakai disana.
Berapa helai seharusnya kita bawa. Untuk laki-laki cukup 4 stel aja, sebaiknya pakaian yang dibawa adalah baju Koko (kalau aku lebih suka baju kokonya ala Pakistan itu), karena cocok dipakai untuk semua kondisi suasana, bisa dipakai ke masjid, jalan-jalan, belanja ataupun di hotel.
Perlu juga dibawa celana panjang olahraga untuk lapisan dalam celana.Ini diperlukan terutama pada pagi dan malam hari dimana udara sangat dingin. Untuk pakaian Ihram cukup 3 helai (bukan 3 stel ya), karena tidak selama kita berada ditanah suci kita pakai (kecuali Anda bukan mengambil Tamattu').
Untuk wanita cukup membawa 2 stel mukena, dan tiga baju gamis untuk pakaian sehari-hari, jangan lupa bawa juga celan panjang, kerudung panjang (kerudung ini praktis untuk dipakai selam ditanah suci) bisa langsung dipakai untuk sholat tanpa mukena jadi tidak perlu repot dan mengurangi bawaan anda. Perlu diingat pakaian wanita hendaknya jangan yang tipis sehingga menimbulkan dan menampakkan bagian-bagian yang menimbulkan fitnah. Bahannyanya usahakan agak tebal dan longgar, ingat orang Arab disana matanya kalau memandang wanita bisa berbahaya lho.
Sebaiknya disiapkan juga beberapa kaos oblong kalau bisa yang ada saku didepannya seperti baju doraemon. Kaos dora emon ini ada yang buat wanita dan pria. Kantong tersebut dapat anda menfaatkan untuk menyimpan dokumen, uang atau dompet anda. Kalau pakaian yang dibawa dari tanah air kurang, jangan khawatir disana banyak dan mudah mencarinya sekalian buat kenang-kenangan kan, harganya juga tidak terlalu mahal, usahakan belanja yang khas (seperti gamis).
Kalau pakaian dalam juga tidak perlu banyak karena gampang dicuci dan cepat kering kok, mungkin perlu celana dalam yang sekali pakai untuk beberapa piece yang anda manfaatkan saat berpergian, sehingga lebih praktis.
Jangan lupa anda pastikan berat barang bawaan anda tidak melebihi ketentuan yang sudah diberikan oleh pihak penerbangan. Khusus untuk embarkasi Palembang saat ini masih diterapkan ketentuan maksimal 15 Kg, Anda harus ikuti aturan ini, karena pengalaman haji 1427H ada koper jamaah haji yang cuma kelebihan 3 ons disuruh dibongkar. terpaksalah dibongkar dan diambil 1 lembar pakaian sehingga beratnya bisa berkurang.
Kalau untuk kepulangan anda diperbolehkan maksimal 35 Kg, jadi kalau bisa sebelum anda packing ditimbang dulu ada baiknya beli timbangan pegas sehingga bisa anda pakai juga nanti di tanah suci untuk check berat ketika akan pulang.
Koper ku pada saat kepulangan beratnya 38 Kg ketika ditimbang oleh petugas haji, padahal sebenarnya pas 35 Kg ketika kupersiapkan, sehingga harus bayar sekitar 20 real (cuma dari petugas tidak dikasih tanda bukti terima uang karena kelebihan berat, kira-kira masuk kemana uang-uang tersebut wallahualam). Kalau anda membawa benda-benda tajam (pisau,gunting, dll) maka masukkan saja kedalam koper besar tidak apa-apa walaupun anda akan ditakut takuti melalui pengeras suara agar tidak memasukkan barang-barang jenis itu dan nanti akan dibongkar, biarkan saja. Karena memang aturan penerbangan baik domestik maupun international tidak mempermasalahkan jika dimasukkan didalam koper/dibagasikan, jadi tidak terkecuali untuk aturan penerbangan haji. Lain cerita jika anda memasukkannya kedalam tas tentang (dibawa kek abin) maka ini pasti diambil petugas.

No comments: