Tuesday, November 3, 2009

Video Pelajaran Manasik Haji & Umrah - 1


Manasik Haji


Jamaah yang akan menunaikan rukun Islam kelima itu tentunya menginginkan ibadah yang dijalankan itu bisa sempurna dan bisa mengikuti apa yang telah diajarkan oleh Rasulullah Muhammad SAW. Tak banyak, jamaah haji yang bisa memiliki kesadaran untuk melakukan ibadah haji dengan sempurna, hal itu disebabkan kurang pemahaman akan makna ibadah haji. Oleh karena itu bimbingan manasik perlu dimantapkan oleh setiap jamaah haji baik pada saat di tanah air maupun ketika berada di tanah suci.
Negara Lain sudah Memanfaatkan Teknologi untuk manasik haji


Teknologi Informasi saat ini dapat juga dimanfaatkan untuk proses deseminasi baik yang positip maupun negatip tergantung niat dan tujuan kita memanfaatkannya. Di negara lain, pemanfaatan teknologi informasi sudah dilakukan untuk menjelasakan manasik haji. Di Indonesia sangat jarang ditemui pemberi materi di KBIH ada yang memanfaatkan teknologi ini. Pemberi materi masih menggunakan metode ceramah, dimana audience atau peserta manasik haji sulit menangkap makusd sipembicara. Sebagai contoh di Malaysia beberapa kegiatan manasik haji sangat mudah dipahami oleh peserta dengan adanya fasilitas whiteboard, in focus untuk menampilkan materi ceramah dari komputer. Dulu waktu saya mengikuti manasik haji di KBIH Muhammadiyah di Medan, saya membantu memfasilitasi pertemuan manasik dengan in focus dan laptop dan ini sangat membantu JCH dalam memahami materi, JCH bisa membayangkan bagaimana suasana tawaf,sa'ie, bentuk bangunan, dan lain-lain.

Nah, bagi Anda yang sibuk untuk dapat mengikuti bimbingan haji / manasik haji secara langsung atau bagi Anda yang ingin menambah ilmu manasik haji sebagai persiapan nantinya ketika berangkat ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji Anda siap menjadi haji yang mandiri, mengerti hukum-hukum di dalam berhaji dapat memanfaatkan rekaman-rekaman manasik haji melalui video karena terkadang ada juga yang malas baca-baca buku apalgi kalau orang tua kita yang akan jadi JCH, rasanya susah juga kalau disuruh cari referensi bahan bacaan.

Jika Anda tertarik untuk mempelajarinya secara digital, maka video tutorial "Manasik Haji Nabi SAW" yang dibawakan oleh Ust. Syed Nazmi Tuan Taufek dari Malaysia yang saat ini sudah diupload di situs youtube menurut saya sangat bagus (kalau saya perhatikan bahasan materinya seperti periwayatan manasik haji Rasulullah berdasarkan hadist Jabir). Video ini dapat Anda dilihat atau didownload di situs youtube.com. Walaupun menggunakan bahasa malaysia namun saya yakin Anda dapat memahaminya karena bahasa ini merupakan bahasa melayu.
Video ini sudah diupload di youtube dalam beberapa seri, berminat silahkan download di link berikut :
1. Intro
2. Muqadimmah

Semua file di atas jika Anda kreatif maka dapat dijadikan VCD atau DVD sehingga dapat dipelajari secara simultan. File-file dalam format flv di atas dapat digabung menggunakan software freeware yang lumayan cukup bagus, Namanya FLV Binder. Software ini ukurannya kecil (101 kb - zip file) dan bisa diunduh di http://www.flvsoft.com/bind_flv/. Jika akan dibuat VCD atau DVD harus Anda konversi ke dalam MPEG atau AVI agar bisa di BURN ke cakram VCD atau DVD dengan menggunakan sofware sederhana Format Factory 1.06 yang dapat diunduh di http://www.formatoz.com/. Saya sudah "Burn" ke dalam VCD atau DVD sehingga bisa disimak lebih enak lagi dengan fasilitas video player yang dapat ditonton bersama keluarga atau sebagai bekal orang tua kita yang akan berangkat menunaikan ibadah haji tahun ini. Andapun dapat memperkaya pendalaman ilmu mansik haji dan umrah melalui tayangan video dari Syaikh Muhammad bin Shalih Al-'Utsaimin melalui postingan saya disini.

2 comments:

fathul wahhab said...

file yg ke 29 dimana ?

Abu Syafwan said...

maaf, itu salah membuat urutan aja (terlewat)