Thursday, December 18, 2008

Route Perjalanan Umrah diluar musim Haji

Skema perjalanan Umrah

Ibadah umrah termasuk ibadah yang paling agung dan upaya mendekatkan diri kepada Allah yang paling afdhal yang dengannya Allah SWT mengangkat derajat hamba-hamba-Nya dan dengannya pula Allah menghapus kesalahan-kesalahan dari mereka.
Nabi saw. menganjurkannya baik melalui sabda dan perbuatannya.

Rasulullah saw bersabda, ”Umrah (yang sekarang) sampai umrah (berikutnya) adalah penghapus dosa-dosa yang terjadi di antara keduanya.” (Muttafaqun ’alaih: Fathul Bari III:593 no:1773, Muslim II:983 no:1394, Tirmidzi II:206 no:937, Nasa’i V:125 dan Ibnu Majah II:964 no:2888).
Dalam haditsnya yang lain, beliau bersabda, “Kerjakanlah berturut-turut antara haji dengan umrah, karena sesungguhnya keduanya dapat menghapus kefakiran dan dosa-dosa, sebagaimana halnya umpama tukang besi menghilangkan kotoran besi, emas dan kotoran perak.” (Shahih: Shahihul Jami’us Shaghir no:2899, Tirmidzi II:153 no:807, dan Nasa’I V:115).
Rasulullah saw. pernah berumrah dan para sahabatnya pun pernah berumrah bersamanya ketika Rasulullah saw. masih hidup dan sepeninggalan mereka berumrah lagi. (lihat Irsyadus Syar’i).

Umrah dapat dikerjakan kapanpun, artinya tidak harus dalam bulan-bulan haji bersamaan dengan pelaksanaan ibadah haji. Perjalanan haji dibulan-bulan biasa, dapat menggunakan jasa travel agent umrah yang saat ini banyak tersebar. Namun biasanya semua travel ini bermarkas di Jakarta, Surabaya atau Batam (berangkat ke Jeddah dari Singapura) untuk point keberangkatannya.

skema umrah

Berdasarkan adanya beberapa email yang membutuhkan gambaran route perjalanan umrah sebagaimana route perjalanan haji yang telah saya posting, maka Alhamdulillah route tersebut sudah dapat dilihat dan di download file pdf nya di sini. Semoga dapat memberi gambaran bagi Saudaraku yang akan menunaikan umrah dalam waktu dekat ini. Dan semoga Allah memberikan pahala dan ridho yang berlipat bagi Anda yang menunaiknannya. amin.

source skema internet dengan modifikasi disesuaikan sunnah.

Wasalam.

No comments: