Sunday, October 12, 2008

Monorel Jalur Mina Arafah Beropersi Pada musim Haji1430H

Monorail Yang akan dioperasikan

Jepang dan Perancis sudah membuktikan efektifitas kereta api sebagai alat transportasi massal yang dapat mengangkut sejumlah besar penumpang dalam waktu singkat. Kini teknologi kereta api atau tepatnya monorail akan segera dibangun di Arafah Mina untuk meningkatkan kualitas pelayanan transportasi massal pada jamaah haji yang semakin lama semakin membesar jumlanya
Monorel itu direncanakan memiliki ketinggian 8 meter hingga 10 meter. Dengan begitu, kelancaran arus lalu lintas dan pejalan kaki yang 'penuh' di Mina tidak akan terganggu.

Sesuai perhitungan, monorail itu diperkirakan akan dapat mengangkut sekitar 500 ribu jamaah haji yang selalu bergerak dari Arafah ke Mina dan Muzdalifah. Kalau nanti proyek monorail ini sudah berjalan, maka dengan demikian sekitar 25 ribu unit bus angkutan yang biasanya memadati kawasan Mina dengan adanya kereta monorel akan berhenti.Ditargetkan proyek raksasa ini beroperasi pada musim haji 1430 H atau 2009, sebagaimana informasi dari Deputi Kementerian Urusan Tatanan Kota Arab Saudi Habib Zainal Abidin. "Proyek pembangunan kereta monorel Arafah-Mina akan dimulai dua minggu ke depan. Dan akan selesai selama 10 bulan," katanya.


Proyek ini akan dibagi tiga tahap :
  1. Tahap Pertama Jalur Arafah, Muzdalifah, dan Mina melalui road dua menyambung ke Jembatan King Abdul Aziz. Dan
  2. Tahap KeduaAkan dibangun 4 jalur monorel yang akan melayani Arafah, Muzdalifah dan Mina.
  3. Tahap Ketigaakan dibangun jalur yang akan menyambungkan antara Arafah, Mina dengan Masjidil Haram.Selain itu proyek kereta monorel segera dilaksanakan di Arafah, Mina, dan nantinya akan dibangun jalur kereta api yang menyambungkan antara kota Makkah, Madinah dan Jeddah sebagai tahapan proyek berikutnya, demikian keterangan yang didapat dari Menteri Haji Kerajaan Arab saudi. (source:http://warnaislam.com)

No comments: