Tuesday, April 5, 2011

Sejarah Perluasan Masjidil Haram


Masjid al-Haram pertama kali dibangun di bawah kepemimpinan Khalifah Umar Ibn al-Khattab (634-644) dan telah dimodifikasi terus di bawah beberapa penguasa Muslim. Umar, khalifah pertama, memerintahkan pembongkaran beberapa rumah yang mengelilingi Kakbah untuk mengakomodasi meningkatnya jumlah peziarah dan membangun sebuah tembok setinggi 1,5 meter untuk menggambarkan area doa besar. (hijr Ismail sekarang) Selama masa pemerintahan khalifah penggantinya Utsman Ibn Affan (644-656), ruang doa diperbesar dan ditutupi dengan atap dilakukan pada kolom kayu dan lengkungan. Pada tahun 692, setelah Khalifah Abdul Malik bin Marwan menaklukkan Mekkah dari Ibnu Zubair, wali dari situs suci, dinding luar masjid terangkat, langit-langit itu ditutupi dengan kayu jati dan pusat kolom dicat emas. Putranya, al-Walid (705-715), memberikan kontribusi terhadap Masjid al-Haram dengan mengganti kolom kayu dengan bahan marmer dan dengan lengkungan dekorasi motif mosaik. Kemudian, Khalifah Abbasiyah Abu Ja'far al-Mansur (754-775) mosaik ditambahkan ke kolom. Dia juga memperbesar ukuran menjadi dua kali lipat untuk ukuran sayap utara dan barat ruang doa dan mendirikan menara tentang Bab Al-Umrah di sudut barat laut.
Pada tahun 777, karena meningkatnya jumlah jamaah haji, Abbasiyah Khalifah al-Mahdi (775-785) memerintahkan pembangunan kembali masjid, rumah-rumah di sekitar Ka'bah dihancurkan. Pagar masjid baru berpusat di Ka'bah, berukuran 196 x 142 meter. Al-Mahdi juga membangun tiga menara dimahkotai dengan crenellations dan ditempatkan di atas Bab al-Salam, Bab Ali dan Bab al-Wad.

Pada tahun 1399, bagian utara Masjid al-Haram terbakar, yang mengakibatkan kerusakan lebih dari seratus kolom marmer dan langit-langit / plafond. Bagian-bagian yang tersisa mengalami kerusakan akibat banjir. Masjid kemudian dibangun kembali oleh Mamluk Sultan Nasir bin Faraj Barquq (1399-1405). Kolom marmer yang rusak diganti dengan kolom batu digali dari pegunungan dekat kawasan Hijaz dan atap itu ditambal dengan kayu lokal dari Pegunungan Thaif.

Sultan-sultan Ottoman berkontribusi untuk pembangunan Masjid Al-Haram. Pada tahun 1571, Sultan Selim II (1566-1574) memerintahkan arsitek Sinan untuk merenovasi masjid. Sinan menggantikan atap datar dari ruang doa dengan kubah dihiasi dengan kaligrafi bersepuh emas di dalam. kolom baru dibawa dari Pegunungan Shams dekatnya, ditempatkan di antara kolom tua untuk mendukung atap baru. Karena hujan yang merusaknya pada tahun 1611, Sultan Murad IV (1623-1640) memerintahkan pemulihan masjid dan pembangunan kembali Ka'bah tahun 1629. Masjid tersebut terdiri dari arcade batu baru didukung pada kolom tipis, dengan medali berbentuk prasasti antara lengkungan. ubin lantai di sekeliling Ka'bah diganti dengan yang baru ubin marmer berwarna dan masjid itu dilengkapi dengan tujuh menara. Pada akhir pemerintahan Ottoman di Hijaz selama Perang Dunia I, Pagar luar masjid diukur 192 dengan 132 meter.
Para Raja Saudi pada gilirannya berkontribusi juga ke Masjid al-Haram. Antara 1955 dan 1973, perluasan pertama disponsori oleh Raja Abdul Aziz (1932-1953). Struktur baru yang dibutuhkan penghancuran yang luas di sekitar masjid Ottoman ke arcade dua lantai yang terbuat dari batu tiruan kolom dan ditutup dengan panel marmer diukir dari Wadi Fatimah. Langit-langit arcade ini adalah coffered dan dihiasi dengan plester dibentuk dan lantai keramik dengan batu dan marmer. Selama ini Mas'a (ruangan yg menghubungkan batu al-Safa 'dengan al-Marwah) diperpanjang untuk mencapai masjid. perpanjangan tersebut dibangun di dua lantai, dengan struktur beton bertulang lengkungan dibalut marmer dipahat dan batu buatan. Galeri ini berkomunikasi dengan jalan dan mesjid melalui pintu sebelas. Bab al-Salam dan Bab al-Umrah juga direnovasi saat ini untuk cocok dengan gaya yang baru dibangun Bab Raja Abdul Aziz pada façade selatan. Empat menara didirikan dekat Bab al-Umrah dan Bab al-Salam dan tiga yang lebih tua. Dengan demikian, mereka berdiri delapan puluh sembilan meter persegi. Masing-masing memiliki dua balkon segi delapan dihiasi dengan colonettes, yang pertama terletak di puncak atap masjid, sedangkan yang kedua adalah di ujung atas poros.


Perpanjangan kedua disponsori oleh Raja Fahd (1982-sekarang), terdiri dari sayap baru dan area berdoa outdoor, baik terletak di timur selatan masjid yang ada. Ruang sholat baru diakses melalui Gerbang Fahd monumental di tenggara yang mengarah ke Kakbah. Hal ini terdiri dari dua lantai terpisah di beberapa bagian oleh mezzanine, penyejuk udara bersirkulasi di bawah lantai keramik dan diberikan melalui grid ventilasi yang terletak di dasar setiap kolom. Ruang berdoa dibangun pada grid lima meter. arcade adalah beratap dengan pundi-pundi persegi dihiasi dengan cetakan plester. Kolom yang dilapisi dengan panel marmer, sedangkan lengkungan ditutupi dengan batu buatan dan cetakan plester. Sepanjang sumbu menghubungkan Gerbang Fahd ke Ka'bah, tiga modul grid ditutupi dengan kubah dihiasi dengan squinches muqarnas dicetak dengan plester, yang membawa drum berlubang oleh tiga puluh dua jendela melengkung. Ruang kubah diterangi dengan lampu kaca berwarna dan panel kaca patri backlit di puncak. Dinding interior ruang doa dilapisi dengan marmer dado 2,5 meter. Ini elemen dekoratif digunakan untuk menyembunyikan pengeras suara dan kabel listrik.
Atap dari ekstensi baru ini terkait dengan atap seluruh kompleks, yang dirancang untuk mengakomodasi meluap. Daerah doa juga meluas juga untuk plaza banyak di luar masjid. Plaza outdoor di luar sudut tenggara Fahd Gate lereng sedikit ke bawah, menekankan arah doa. Sejajar dengan dinding timur laut dan barat daya ekstensi baru, dua proyeksi persegi dibangun untuk menyembunyikan eskalator yang menghubungkan ruang bawah tanah dan fasilitas parkir bawah tanah ke plaza publik dan ruang doa di atas.
Perpanjangan Saudi kedua dari Masjid Al-Haram mengambil mempertimbangkan kesatuan arsitektur kompleks. The façade ruang berdoa baru yang dibangun oleh Raja Fahd dalam campuran dengan konstruksi sebelumnya, dengan marmer abu-abu menghadap dari Pegunungan Fatimah dekatnya, dihiasi dengan ukiran band marmer putih dan bingkai jendela. Raja Fahd Gate monumental, yang memberikan akses ke ekstensi baru, terdiri dari tiga lengkungan dengan hiasan marmer hitam dan putih voussoirs dan diukir putih. gerbang ini diapit oleh dua menara yang cocok yang lebih tua. Jendela modul sepanjang façade ruang doa ditutupi dengan mashrabiyya kuningan dan dibingkai dengan band ukiran dari marmer putih. Gerbang kecil telah kanopi hijau miring ubin.

Mesjid Al-Haram adalah masjid-satunya yang tidak memiliki arah kiblat bagi jamaah berdoa menghadap Ka'bah, terletak di pusat halaman terbuka. Saat ini masjid meliputi area seluas 356.800 meter persegi termasuk ruang berdoa outdoor dan indoor dan dapat menampung hingga 820.000 jamaah selama periode haji.

No comments: