Saturday, April 2, 2011

Metro Mekkah, Semakin mempermudah pelaksanaan Ibadah Haji



Kereta Api yang diawal pembangunannya sering kita dengar sebagai monorail, yang menghubungkan tempat-tempat suci di Mina, Arafat dan Muzdalifa dengan Makkah, saat ini dinamakan Metro Mekkah dan telah dioperasikan mulai akhir tahun 2010. Bagi yang melaksanakan umrah di tahun 2011 ini sudah dapat menikmati naik Metri Mekkah ini.
Kereta api ini akan membawa perubahan dramatis dalam transportasi haji antara tempat-tempat suci.Dengan sarana ini akan mempermudah pelaksanaan ibadah haji di tahun-tahun mendatang. Wah jadi pingin berangkat lagi nih.

Proyek ini dibangun dengan biaya SR6.5 miliar, Metro Makkah memiliki kapasitas angkut 72.000 jamaah dalam satu jam. Sembilan stasiun telah dibangun di Arafat, Mina dan Muzdalifa. Ini adalah proyek terbesar kedua yang dilaksanakan oleh Departemen Urusan Kota dan Pedesaan setelah dana sebesar SR4.5 miliar untuk proyek pembangunan berteknologi tinggi  yaitu Jembatan Jamrat di Mina.

Tahap awal ada 10 rangkaian kereta api, masing-masing dengan panjang 300 meter. "Setiap kereta akan membawa 3.000 penumpang." Pemerintah Saudi belum menetapkan tarif Metro Mekkah. " Untuk urusan tarif akan ditangani oleh Deputi II Premier dan Menteri Dalam Negeri Pangeran Naif, ketua Komite Haji Tertinggi.
Waktu untuk mengangkut jamaah dari Arafah ke Muzdalifa akan dikurangi menjadi  setiap lima menit pada tanggal 9 DzulHijjah ketika setiap akan bergerak bersama dari dataran Arafat untuk Muzdalifa. Dan setiap lima menit lagi akan membawa mereka dari Muzdalifa ke Mina pada tanggal 10 Dzulhijah.
Kereta api ini akan beroperasi sepanjang tahun, jadi tidak hanya untuk pelaksanaan moment haji saja.

Tahap kedua proyek ini akan menghubungkan Mashair Railway dengan Masjidil Haram di Makkah dengan sebuah stasiun di Umm Al-Qura Road. Ini juga akan dihubungkan dengan Kereta Api Haramain yang menghubungkan Makkah dengan Madinah dan Jeddah.

Uji coba operasi dilakukan  6.000 km setiap sebelum memulai operasi rutin. kereta api memiliki 20 kereta api di tahap berikutnya, masing-masing dengan 12 gerbong dan masing-masing memegang gerbong 250 penumpang. Sekitar 20 persen dari penumpang akan duduk sementara 80 persen akan berdiri. Kereta akan memiliki kecepatan 80 sampai 120 km / jam.

Menunggu masuk ke Metro Makkah


suasana berdiri di dalam metro mekkah
lintasan di stasiun

suasana di area stasiun

Ruang masinis Metro Mekkah
Monitoring security Metro Mekkah







Gambar di bawah ini, beberapa tanda-tanda yang dipasang di dalam Metro Mekkah
Tanda dilarang meroko, tidak makan/minum dan tidak buang sampah

fasilitas minta bantuan

 Tanda pintu terbuka dan tertutup
Penunjuk arah tujuan

Contoh bentuk tiket/karcis Metro Mekkah

No comments: