Saturday, August 28, 2010

Cara mudah menghitung jumlah putaran Tawaf atau Sa'ie


Di dalam list barang bawaan Haji yang ada di blog ini ada item Karet Gelang, pasti ada yang bertanya untuk apa ? Disini saya jelaskan lagi apa sih gunanya bawa karet gelang .......
Yang paling utama adalah sebagai alat bantu penghitung (Counter) jumlah lintasan Tawaf atau Sa'i yang sedang kita kerjakan, walaupun sebenarnya sangat mudah apabila kita ingin menghitung untuk jumlah bilangan yang hanya 7 (tujuh) dalam kondisi normal. Ya..pada pelaksanaan Tawaf dan sa'i tentunya konsentrasi kita lebih kepada kekhusuan bacaan do'a kita untuk setiap lintasan belum lagi kondisi padatnya jamaahnya yang luar biasa dengan dorongan dan himpitan ribuan manusia yang melakukan tujuan yang sama, maka seringkali kita menjadi lupa sudah berapa hitungan yang kita lakukan. Apalagi untuk jamaah yang sudah usia lanjut tambah deh lupanya.
Alat yang paling mudah adalah dengan menggunakan karet gelang sebanyak 7 (tujuh) karet yang dapat ditempatkan di salah satu lengan, cara menggunakannya adalah pada setiap selesai melakukan satu putaran tawaf atau satu lintasan sa'i maka satu karet gelang Anda pindahkan ke lengan yang lain. Lakukan sampai karet gelang berpindah semua ke lengan yang lain. Artinya pelaksanaan Tawaf atau sa'ie Anda sudah selesai.


Saya punya pengalaman lain lagi dalam menghitung jumlah putaran tawaf, ceritanya ketika sedang melakukan tawaf sunnah (tawaf pengganti tahiyatul masjid) dan kebetulan saat itu saya tidak membawa alat counter namun ketika itu saya mengenakan jaket. jadilah kancing jaketku sebagai alat counter, setiap satu putaran maka satu kancing jaketku aku buka dan seterusnya sampai tujuh kancing terbuka...He he itu waktu hajiku yang pertama....ya intinya Anda bisa memanfaatkan apa saja sebagai alat bantu untuk mempermudah jumlah hitungan, bisa saja pake uang logam yang dipindah dari satu saku ke saku lainnya kalau untuk tawaf sunnah.
Kalau kebetulan ada kenalan dengan jamaah dari India, maka biasanya mereka memberikan Gift / hadiah berupa tasbih dengan jumlah manik-manik 7 (tujuh) butir, yang memang mereka bawa cukup banyak sebagai hadiah ke jamaah lain untuk bentuknya bisa lihat di gambar atas. tasbih tsb dimasukkan ke salah satu jari tangan kita, dan setiap hitungan dengan memindahkan manik-manik / biji tasbih ke bawah.
Kita kembali ke karet gelang tadi, disamping fungsinya sebagai alat counter benda ini bisa Anda fungsikan untuk mengikat tempat makanan (kantong plastik), dan lain-lain. Jadi benda ini perlu Anda pertimbangkan untuk diikutkan dalam logistik haji kan tidak berat membawanya Yup.. demikian tips kali ini, tunggu tips berikutnya.
Salam

2 comments:

justin bieber said...

mantappp. benar2 ide yang brelian, subhanaALLAH................

yazid said...

Great idea...jazakallahu khair