Tuesday, December 4, 2007

Masjid Nabawi Terbuka 24 Jam


Kerajaan Arab Saudi memberlakukan kebijakan khusus menyambut musim haji tahun 1428H / 2007 M ini. Jika sebelumnya Masjid Nabawi di Madinah ditutup enam jam di malam hari, pada musim haji tahun inni masjid tersebut dibuka 24 jam setiap harinya. Kebijakan ini akan memudahkan jamaah untuk berjiarah ke masjid tersebut.

Kebijakan tersebut baru dilakukan pada musim haji tahun ini. Pada tahun-tahun sebelumnya dengan pertimbangan keamanan, semua pintu Masjid Nabawi ditutup dari pukul 22.00 hingga pukul 03.00 dinihari waktu Arab Saudi. Berbahagialah bagi Anda yang akan menunaikan ibadah haji pada tahun ini dan tahun yang akan datang, karena kesempatan Anda untuk berlama-lama didalam masjid yang agung ini menjadi lebih mudah.


Mish'al bin Salim, salah seorang petugas penjaga pintu Masjid Nabawi membenarkan adanya peraturan baru tersebut. Menurutnya sejak tahun ini Masjid Nabawi akan dibuka 24 jam setiap harinya pada bulan Ramadhan serta pada musim haji. Namun demikian tidak semua pintu masjid dibuka pada malam hari."Hanyanpntu 1 dan pintu 2 yang dibuka,selain itu akan ditutup. Jamaah yang datang dari arah lainnya silahkan memutar jika ingin ke masjid. (sumber http://www.detik.com/)


Pintu 1 dan pintu 2 yang dimaksud adalah pintu akses menuju Masjid paling dekat dengan posisi Nabi Muhammad dan Raudho.


Kebijakan ini memang patut disyukuri karena, di Madinah udaranya sangat dingin padahal jamaah sejak tengah malam sudah berkumpul dan rebutan untuk masuk ke masjid. Jamaah menunggu didepan pintu masjid sejak sebelum pukul 03.00 dini hari, kondisi dingin ini yang sering menjadi penyebab menurunnya kesehatan para jamaah haji.

Mulai tahun ini juga jamaah haji dari Indonesia akan berada di Madinah selama sembilan hari, kalau tahun-tahun sebelumnya hanya delapan hari (sehingga bagi Anda yang sudah berniat untuk menyelesaian sholat 40 waktu dapat lebih mudah, karena tidak terganggu dengan jadwal keberangkatan ke Makkah atau kembali ke tanah air).




No comments: