Thursday, December 27, 2007

Bagaimana Mencari Tenda dan membaca Peta di Mina


Untuk Anda yang punya keinginan kuat untuk melakukan Tanazul pada hari Tarwiyah ada beberapa hal penting yang perlu Anda persiapkan (baca pengalamanku disini). Anda tidak perlu khawatir untuk menemukan tenda kloter Anda di Mina. Yang perlu Anda persiapkan adalah peta perkemahan di Mina adalah peta lokasi kemah di Mina (peta ini dapat Anda peroleh di petugas PPIH atau biasanya ketua kloter atau ketua rombongan sudah dibagi peta ini), kalau tidak ada maka peta ini dapat Anda baca pada papan pengumuman / billboard seperti contoh di atas yang dipasang dibeberapa tempat di lokasi ujung terowongan Moassim atau terowongan Mina dan dibeberapa titik lain.



Penempatan Papan pengumuman ini cukup banyak dan mudah Anda temui. Penempatan tenda disana sudah fixed atau tetap karena tenda-tenda yang ada tidak dibongkar setelah pelaksanaan haji selesai dan akan digunakan untuk penempatan jamaah haji tahun berikutnya. Jadi tata letak dan nomor-nomor tenda sama dari tahun ke tahun, yang membedakan adalah yang menempati aja. misalnya kalau kloter-2 embarkasi Palembang pada tahun 1427 H ditempatkan di makhtab / tenda No. 31 sedangkan pada musim haji 1428 H kloter-2 embarkasi Palembang sesuai Qur'ah mendapat alokasi di makhtab No.2 , Nomor Makhtab ini sama dengan Nomor tenda kita nanti di Mina. Anda dapat melihat informasi nomor makhtab disini.

Anda tinggal mencari nomor makhtab Anda dipeta tersebut sesuai dengan angka bulatan-bulatan pada peta, untuk mudahnya jika Anda bawa kamera digital maka peta tersebut dapat Anda ambil sehingga mudah digunakan dalam mencari.



Cara membacanya,

  1. Perhatikan arah yang ditunjukkan, kalau mau melontar maka ditunjukkan dengan anak panah to Jamarat sedangkan ke perkemahan ditunjukkan oleh anak panah to Mudzdalifah - Arafat
  2. Peta tersebut dibagi dalam beberapa warna yang menunjukkan lokasi asal negara, jadi setiap negara warna areanya berbeda
  3. Nomor makhtab atau tenda ditunjukkan dengan angka dalam bulatan-bulatan
  4. Nomor-nomor yang ada tidak berurutan sehingga untuk nomor makhtab Anda misalnya nomor 22, maka belum tentu didepan atau disebelahnya nomor 21 atau 23


Catatan:

Bawalah kartu makhtab Anda yang dibagikan pada saat Anda pertama kali datang atau masuk makhtab di Mekkah, dengan kartu ini Anda bisa menunjukkannya ke petugas jaga tenda di Mina agar Anda diijinkan menggunakan atau tidur di tenda kloter Anda tersebut, karena kalau tidak maka Anda tidak diijinkan masuk ke tenda tersebut. Sayangnya informasi peta / legend masih menggunakan aksara arab.


Dengan Anda paham membaca peta di atas maka akan memudahkan Anda untuk bergerak dan berpergian selama berada dikawasan Mina, sehingga Anda bisa juga untuk menyempatkan diri berkunjung ke tenda lainnya untuk menjumpai famili atau kenalan Anda yang kebetulan sama-sama menunaikan ibadah haji juga.

No comments: