Tuesday, November 11, 2008

Check List Perlengkapan Haji Yang Perlu Anda Bawa ?

Jamaah Tiba di Madinah

Perjalanan menunaikan ibadah haji ke tanah suci tidak hanya membutuhkan kesiapan mental, jasmani, ilmu dan bekal taqwa, namun Logistic memegang peranan yang amat penting dalam menunjang kelancaran ibadah selama di tanah suci. Bagi Anda yang sebentar lagi mendapat kesempatan panggilan dari Allah untuk menunaikan ibadah haji tahun ini tentunya sudah mulai disibukkan dengan persiapan-persiapan perlengkapan yang kira-kira apa yang bakal Anda bawa ke tanah suci.
Informasi dari beberapa kerabat dan ketika manasik juga sudah Anda dapatkan, dari pengalaman-pengalaman saudar-saudara kita yang terlebih dahulu menunaikan ibadah haji.
Untuk membantu Anda didalam mengingat perlengkapan yang akan anda persiapkan, disini aku buatkan check list perlengkapan yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Tentunya perlengkapan yang diperlukan setiap orang masing-masing ada perbedaan, namun perbedaan tersebut aku rasa tidaklah terlalu menonjol.

Sebagai catatan :
  1. Bawa ringkasan do'a, kalau buku do'a yg dari depag itu ribet banget. Ringkaslah do'a do'a yang memang diajarkan oleh Rasulullah dalam manasik hajinya.

  2. Bawa obat-obatan secukupnya karena obat-obatan di petugas haji sangat tidak mencukupi. Secara umum, penyakit yang sering di alami disana seperti: Batuk, Pilek, Saluran Pernafasan, Diare dlsbnya. Jadi, jangan lupa membekali diri anda dengan antibiotik, obat batuk, obat influensa, obat sakit perut/diare, obat sakit kepala/pusing, obat gosok seperti: vicks, counterpain, Obat/salep untuk luka :Aloe Propolis Cream, tensoplast/hansaplast dll. Dan jangan lupa obat-obatan dicatatkan di buku kesehatan haji kita. Jika Anda mempunyai riwayat penyakit dengan resiko tinggi (Obat-obatan lainnya yang penting dibawa tergantung dari kebutuhan masing-masing seperti untuk penyakit ambeien, asam urat, darah tinggi, diabetes, asma dlsbnya) , maka sebelum berangkat konsultasikan obat yang bisa dibawa.

  3. Bekali diri Anda dengan suplemen atau vitamin, suplemen yang saya sarankan adalah madu. Saat ini ada product perlebahan yang mudah dibawa karena dalam bentuk tablet/kapsul. untuk madu cair belilah di mekkah atau medinah karena madu sangat bagus untuk menjaga kesehatan.

  4. Perlengkapan pendukung seperti payung lipat kecil, kacamata hitam (biar nggak gampang lepas/jatuh pakai tali), cream untuk pelindung muka/sun block.

  5. Perlengkapan mandi (sabun, odol), bedak, lotion sebaiknya pilih yang tidak berparfum. Pada saat ihram benda-benda yang digunakan tidak boleh yang berparfum sehingga kalau tidak yakin harus Anda tinggalkan. Untuk odol, pakai aja Siwak (bentuknya seperti ranting kayu) belinya di Mekah atau Madinahs, beli yang sudah dikemas dalam kemasan plastik karena kualitasnya bagus, harganya sekitar 2 sampai 3 riyals satu batangnya. Untuk lotion Anda bisa beli di Mekkah atau Madinah, namanya White Diamond harganya sekitar 5 riyals (bagus untuk menjaga kelembaban kulit dan bibir disamping itu tidak berparfum).

  6. Untuk wanita, jangan lupa selalu sedia panty liner.
  7. Untuk Gunting, Alat cukur, Pisau dimasukkan dibagasi/tas koper besar jangan dibawa di kabin
  8. Kalau bisa kaos dalam, beli yang model kangguru (ada kantong di dada, bisa untuk menyimpan uang atau tanda pengenal kita selama berpergian)
contoh barang perlengkapan haji

Sebaiknya Anda lakukan check list ketika memasukkan barang-barang di atas ke koper agar yakin semua tidak ada yang tertinggal lagi. Jika ada masukan lain yang bermanfaat, Anda bisa share disini agar pengalaman yang ada bisa bermanfaat sebagai masukan saudara-saudara kita yang akan menunaikan ibadah haji. Sebagai gambaran, Anda dapat mendownload file dalam bentuk pdf, check list barang bawaan haji untuk laki-laki dapat di download disini , sedangkan untuk jamaah perempuan di sini, yang merupakan perlengkapan-perlengkapan yang pernah kami bawa berdua isteri ketika menunaikan ibadah haji 1427 H sebelumnya. Perlengkapan yang ada di check list terebut beratnya beserta koper kurang lebih 15 Kg, karena memang ketentuan dari embarkasi Palembang barang bawaan JCH ketika berangkat tidak boleh melebihi 15 Kg. Ketentuan ini cukup tegas, karena banyak ditemu koper JCH yang harus dibuka lagi untuk mengurangi kelebihan berat. Jadi sebaiknya sebelum koper besar diserahkan ke tempat pengumpulan yang ditentukan (biasanya 2 hari sebelum tanggal masuk asrama, JCH diminta mengumpulkan koper besarnya tetapi ada juga yang langsung di bawa ke asrama haji tergantung kebijakan). Untuk itu agar tidak repot koper yang telah diisi coba ditimbang dulu, bisa dengan menggunakan neraca pegas (banyak dijual di toko besi harganya murah sekitar 15 ribu nanti bisa dipakai di Tanah suci untuk menimbang barang bawaan pulang kita agar tidak lebih dari 32 Kg) atau timbangan badan.

Semoga haji yang akan dilaksanakan oleh saudara-saudaraku kaum muslimin/muslimat mendapat balasan haji mabrur, amin ya rabbal alamin.

9 comments:

Anik Pujiati said...

Terimakasih segala informasi haji di http://abusyafwan.blogspot.com telah membantu saya mencari informasi yg saya perlukan. Insya allah th 2009 ini saya & suami akan berangkat.

Abu Syafwan said...

Alhamdulillah jika ada manfaat bagi Ibu. Semoga Ibu dan suami diberi kemudahan dalam melaksanakan segala ibadah di sana. Insya Allah mendapat balasan haji mabrur. Barakallahu fikhum.

Info-PSPA Duri said...

jazakallah Abu info haji nya..jk Allah meridhoi kami akan berangkat 2 minggu lagi..

yetty said...

Alhamdulillah....
Nice Info, pasti bermanfaat buat kami yang akan brangkat tahun ini.

Tekad Sukatno said...

Alhamdulillahirabbil'alamiin

Terima kasih, InsyaAllah saya akan berangkat tahun ini 10 November, informasi ini sangat bermanfaat. Semoga Allah SWT membalas kebaikan Bapak.

Wassalamu'alaikum
Tekad Sukatno

Valuta Kasih said...

Alhamdulillah T.kasih , sy baru pertama kali akan ke tanah suci dan sekaligus menjadi petugas haji tahun 2011 ini, postingan ini sangat membantu saya , sekali lg terimakasih semoga selalu sukses , Amin

Grosir Perlengkapan Haji said...

jazakallah ustadz, ijin copy. edit dan share yaa
Smoga smakin menambah pundi-pundi kebaikan ustadz..

Ilan Barlian said...

Alhamdulilah sangat bermanfaat jazakallah Abu info haji nya, semoga mendapat imbalan dari Allah SWT, Insya Alah saya dan Istri akan Berangkat di Tahun 2012

Leo16 said...

Terimakasih info nya... Insyaalloh bermanfaat untuk persiapan kami...