Thursday, March 29, 2007

Belajar Sholat Khusu'

Ceritanya saya sedang browsing internet dan kebetulan menemukan artikel ini, namun saya abadikan postingan tersebut di blog ini agar saya mudah menemukan catatan ini. Setelah membaca postingan ini saya jadi penasaran untuk mencari buku yang dimaksud di TB Gramedia Jl.Kol Atmo Palembang.

Saya sengaja membeli buku ini sebagai bekal bacaan saya ketika 3 hari lagi saya akan berangkat ke tanah suci untuk menjalankan ibadah haji di tahun 1427 H. Buku itu berjudul Pelatihan Shalat Khusyu’ : Shalat sebagai meditasi tertinggi dalam Islam. Abu Sangkan, Penerbit Baitul Ihsan (masjidnya Bank Indonesia), cetakan kelima Mei 2005 (cetakan pertamanya Agustus 2004). Websitenya : http://khairulu.blogsome.com/go.php?http://www.dzikrullah.com

Di atas pesawat saya sempatkan untuk membaca buku ini mengingat perjalanan Palembang - Jeddah yang cukup lama, lembar demi lembar saya selesaikan, saya resapi dan coba merasakan. Di perjalanan dalam pesawat saya tidak sampai menghatamkan buku ini, dan saya berjanji akan mencoba melakukannya ditanah suci. Sebenarnya saya sudah juga mempraktekkan apa yang ditulis dalam postingan tersebut di rumah sebelum berangkat, Subhanallah, saya membuktikan nikmatnya shalat dengan tenang dan Alhamdulillah saat seperti di tanah haramain dapat melaksanakan sholat dengan baik tentunya suatu keberuntungan yang terhingga bagi saya.


Dengan tambahan ulasan di buku tersebut, saya ingin menikmatinya secara penuh di tanah suci nanti..pikir saya dalam hati. Alhamdulillah sungguh nikmat luar biasa ketika niat tersebut dapat saya praktekkan selama ditanah suci. Sayapun berbagi tips dengan isteri, agar dia merasakan dan mendapatkan kesempatan seperti yang saya peroleh. Saya arahkan dia mulai dari persiapan mau sholat, wudhu, dan ketika akan memulai sampai pelaksanaan sholat itu sendiri.
Saudaraku, saya tidak akan bercerita panjang tentang perasaan dapat melaksanakan sholat seperti ini karena saya tidak mahir dalam menyusun kata-kata. Khusu' itu sebenarnya datangnya dari Allah, dia tidak bisa dibuat standarisasi karena tentunya setiap orang berbeda-beda didalam berserah diri memohon diberikan kekhusuan oleh Allah swt. Kalau dirangkai dengan kalimat-kalimat mungkin Anda bisa membaca postingan dari salah satu blog ini : http://khairulu.blogsome.com/2005/10/26/shalat-khusyu-itu-mudah-dan-saaangat-nikmat/

mungkin bisa memperkaya ulasan di atas.

Perlu diketahui, saya tidak mengamalkan 100% apa yang diajarkan oleh Ust. Abu Sangkan dalam bukunya tersebut, namun saya hanya mengambil filosofinya saja. Intinya membuat konsentrasi bahwa saat kita sholat kita berhadapan dengan dzat yang Maha Agung. Serahkan kepada Allah dengan memohon kepadaNya untuk membri kita kekuatan dan kemudahan dalam berkonsentrasi berzikir didalam sholat untuk mengingat Allah sesuai dengan aturan-aturan sholat. Secara fikh memang ajaran Ust.Abu sangkan masih menjadi pro kontra. Sebagaimana yang kontra memberi kesimpulan bahwa ajaran Ust. Abu sangkan melalui Patrap I, II dan II lebih condong ke paham tariqat Al Halaj dan ajaran Syekh Siti Jenar.

Untuk itu secara fikh perlu ditelaah lebih dalam lagi, saya bukan ahlinya dalam menilai apa yang diajarkan oleh Ust. Abu Sangkan, namun apabila sebagai referensi saya kira masih cukup bagus, kecuali untuk ajaran Patrap, saya masih kurang sreg.
Mari kita terus belajar tentang bagaimana sholat yang benar, kata Rasulullah SAW, "Shollu kama roaitumuni Usholly" (Sholatlah kamu sebagaimana aku Shalat), untuk itu mari kita belajar dari Ulama yang maktabah karena Ulama sebagai pembimbing kita dimana Ulama warasatul Anbiya. Sebagai bahan referensi untuk mendekati seperti apa sholat nabi, bisa di download kajian sifat sholat Nabi di sini.
Bagi Anda yang ingin membaca buku Pelatihan Sholat Khusu' dalam bentuk e-book, dapat di download di sini
Wasalam.

Sebagai Catatan saya dari tulisan di blog http://khairulu.blogsome.com/ di atas:
Usahakan bagi kaum pria melakukan sholat Fardhu berjamaah di Masjid, sehingga jangan sampai kita ingin berlama-lama dalam sholat namun mengabaikan sholat berjamaah. Insya Allah dengan latihan terus menerus kekhusu'an juga akan Anda dapati ketika sholat berjamaah.

No comments: