Tuesday, November 15, 2011

Melihat Mina dan Arafat di Masa Depan


Pemerintah Arab Saudi terus berupaya memberikan layanan terbaik bagi para jamaah haji dengan melakukan pembenahan-pembenahan melalui konsep pembangunan jauh kedepan. Setelah pembangunan infrastuktur tempat melontar jumroh, perluasan masjidil haram, tempat sa'ie, Kereta listrik (MRT). Dan saat ini sedang dalam kajian untuk mengembangkan infrastruktur di kawasan Mina dan Arafat khususnya untuk pondokan jamaah selama pelaksanaan haji. Saudi Development Group salah satu perusahaan raksasa Saudi mengusulkan model terbesar untuk proyek pembangunantempat-tempat suci dalam forum ilmiah ke-11 atau Penelitian haji di Um Al Qurra University. Yousef Ahmadi Bin Awad AL, presiden Development Group menjelaskan ide ini di "Al Riyadh" bahwa gagasan proyek ini adalah untuk meningkatkan wilayah Mina dari 2 juta meter persegi menjadi 20 juta meter persegi untuk menampung sekitar 10 juta jamaah haji . Project ini diperkirakan menelan biaya sekitar 40 triliun riyal,yang dipakai  untuk membangun bangunan  12 tingkat, ber-AC, semua ruang terbuka terjangkau oleh semua transportasi. Para jamaah dapat pergi dan kembali dari Jamarat dan tempat tinggal mereka
dengan mudah Sistem pemisahan transportasi (Bus dan Kereta listrik) dengan pejalan kaki, menjadikan konsep ini sangat memanjakan jamaah haji untuk mendapatkan kekhusuan ibadah.







Tenda di Mina dengan sistem transportasi tercanggih


Tenda di Arafat, dengan design dan kelengkapan yang memberikan kenyamaan bagi jamaah haji



Design interior di dalam tenda yang ada di Mina dan Arafat,


Semoga Allah memberikan kemudahan bagi terlaksananya ide mulia ini, dan mudah2an para pemimpin negeri ini bisa berkaca dari keseriusan Kerajaan Arab Saudi dalam menyelenggarakan dan menjamu tamu-tamu Allah ke Baitullah. Penyelenggaraan ibadah haji di negeri tercinta ini semakin tahun tidak ada perubahan malah cenderung terus menurun,  Sistem pendaftaran ibadah haji juga tidak lagi memberi kesempatan dan memberikan harapan bagi calon jamaah haji utnutk bisa menunaikan ibadah haji sesuai dengan yang direncanakan. Semoga Allah memberi hidayah bagi pemimpin negeri ini untuk senantiasa bisa menjalankan amanah.


No comments: