Thursday, July 29, 2010

Merencanakan Perjalanan Umrah


Kapan Waktu Yang Terbaik

Untuk menjawabnya ya tergantung kesiapan individu masing-masing, karena ada berbagai pertimbangan seperti pingin sekalian Ramadhan, Liburan sekolah, cuti kantor, bulan madu, dll. Namun ada beberapa halyang mungkin bisa menjadi pelengkap pertimbangan Anda dalam memutuskan waktu perjalanan haji Anda tentunya menyenangkan dan mabrur.

Umrah sendiri adalah salah satu kegiatan ibadah dalam agama Islam. Pelaksanaannya mirip dengan umrah pada saat pelaksanaan ibadah haji, dimana pelaksanaannya dilakukan di kota suci Mekkah, khususnya di Masjid Al Haram.Perbedaan umrah dengan haji hanyalah dari waktu pelaksanaannya. Umrah bisa dilaksanakan sewaktu-waktu (kecuali hari Arafah tanggal 10 Dzulhijah dan hari-hari Tasyrik tanggal 11,12,13 Dzulhijah).

Pemilihan Waktu melaksanakanUmrah.

Di luar bulan haji, maka pemilihan waktu yang tepat sangat diperlukan (tentunya hal ini berkaitan dengan cost/budget juga kondisi Arab Saudi itu sendiri. Seperti sering kita dengar kondisi Arab Saudi memiliki iklim gurun dimana pada musim panas ( antara bulan Juni-Agustus) suhu udara bisa mencapai lebih dari 45 derajat celcius. Sebaliknya pada musim dingin (antara bulan November-Februari) suhu pada siang hari 38-42 derajat celsius, sementara malam bisa mencapai 8 derajat celsius. Pada bulan Maret-Mei, cuaca bisa dikatakan sedang sejuk dan lebih bersahabat.Mengingat cuaca yang begitu panas, ada baiknya memilih waktu sesuai dengan kondisi Anda. Jika Anda termasuk orang yang mudah lelah, atau Anda memilih beribadah dengan rasa nyaman, maka pemilihan waktu dengan cuaca bersahabat sangat dianjurkan.


Pemilihan Waktu menentukan Biaya.

Biaya yang akan Anda keluarkan untuk perjalanan Umrah juga ditentukan oleh waktu pelaksanaan umrah yang Anda pilih. Jika Anda memilih pergi umrah di musim liburan, menjelang musim haji atau menjelang Ramadhan, maka biaya yang dikeluarkan pasti akan lebih besar.Mengapa? Karena umumnya kenaikan paket umrah terjadi di tiga musim ini. Pertama karena pada musim-musim tersebut biasanya peminat umrah meningkat sehingga biro travel atau Agen perjalanan berlomba-lomba mencari sedikit keuntungan dari penambahan jumlah calon jemaah ini. Kedua, pada saat ini terjadi persaingan ketat antar sesama biro penerbangan. Otomatis ini memengaruhi pesawat yang akan dipergunakan. Pihak travel kesulitan untuk mendapatkan tarif pesawat di bawah 1.000 dolar AS untuk penerbangan Indonesia - Saudi Arabia.Jadi, persaingan bukan hanya terjadi antar sesama biro travel. Nah, jika Anda ingin mencari harga yang cenderung murah, ambillah paket umrah pada bulan Januari hingga Juli.Pada semester ini, harganya biasanya lebih murah dibandingkan paket umrah untuk bulan Juli hingga Oktober atau Desember. Atau Anda bisa melakukan penghematan biaya melalui Umrah mandiri (tanpa melalui biro perjalanan umrah). Ingin tahu lebih jauh tentang umrah mandiri dengan biaya murah, baca kelanjutannya pada artikel ini.


No comments: