Wednesday, May 13, 2009

Oleh-oleh Kaset Muratal Juz Amma Yang Bagus


Salah satu oleh-oleh pulang ibadah haji tahun 2002 saya membeli kaset muratal, diantara kaset yang saya beli ada kaset yang cukup menarik dan unik. Kenapa saya katakan menarik dan unik, karena disamping bacaannya bagus (irama dan tajwidnya) juga cara cara membawakannya yaitu seperti belajar Tahsin. Dengan keunikannya ini membuat anak-anak mudah menghafal bacaan tersebut. Kaset ini sering saya putar baik di rumah maupun ketika berkendaraan. Akibat seringnya diperdengarkan, anak-anak jadi semacam berdendang dikala waktu-waktunya bermain dengan bacaan-bacaan Al Qur’an. Hafalan akan menjadi mudah karena kebiasaan telinga kita mendengarnya, sama halnya dengan sebuah lagu. masih ingat lagu Tak Gendong nya mbah surip kan..? nah karena seringnya diputar oleh station radio dan televisi maka tidak heran syair lagu tersebut bisa dinyanyikan oleh anak-anak sampai orang dewasa.
Banyak rekan-rekan dan tetangga saya yang meminta dibuatkan rekamannya, karena begitu tertarik dengan alunan Al Quran dari kaset tersebut.
Saya sudah mengkonversikan kaset tersebut ke dalam media digital (MP3), karena untuk jaga-jaga kalau kaset saya yang karena seringnya diputar menjadi rusak. Disamping itu saya juga membuat rekaman kaset lain sebagai duplikatnya. duplikat ini sengaja dibuat karena sayang koleksi ini tidak dijual di Indonesia, kalau mau beli harus titip ke rekans yang sedang menunaikan ibadah haji.
Kaset ini terdiri dari 2 buah dengan durasi 1 kasetnya 60 menit. Saya mau sharing hasil MP3 nya ke dunia maya namun terkendala size atau ukurannya yang cukup besar. Di tanah suci bisa dibeli ditoko buku atau toko kaset dengan judul Juz Amma (tulisan Arabic), contoh sampul kaset seperti gambar yang ke dua di atas. Harganya saya lupa apakah 17 Rls atau 27 Rls.
Jika Anda penasaran seperti apa untaian muratal tersebut, saya coba buatkan sampelnya 1 surah As Syamsi yang bisa Anda download .
Contoh File MP3 surah As Syamsi ini sudah saya kompress dari ukuran sebenarnya 1,483 Kb menjadi 418 Kb. Tetapi jika Anda berminat untuk memiliki CD (dalam bentuk MP3) , Insya Allah saya coba bantu menyediakan. Anda bisa hubungi saya (email: abusyafwan@hotmail.com atau Gtalk saya di safwanabu0@gmail.com.
Berapa Biayanya ? Masalah harga…silahkan Anda yang menentukan ( Anda estimasi harga 1 keping CD atau 1 keping DVD blank, serta biaya kirim ke alamat Anda dari domisili saya di Palembang). Donasi Anda untuk bantu beli CD kosong lagi, beli amplop, dan biaya kirim bagi orang lain yang membutuhkan (saya pinjam rekening isteri saya di BCA No.0212345545 a.n Nurdalila. Anda tidak beli CD nya, tetapi mengganti biaya material CD dan ongkos kirim itupun kalau Anda ikhlas. (Sebelumnya CD saya kirimkan terlebih dahulu baru biaya ditransfer menyusul setelah barang diterima, namun karena lebih banyak yang ingkar janji dan saya kesulitan biaya, maka saya hanya akan membantu Anda yang benar-benar membutuhkan saja).
Katakanlah "Upah apa pun yang aku minta kepadamu, maka itu untuk kamu. Upahku hanyalah dari Allah, dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.(QS.Saba':47)

Hasil konversi ke MP3 ya lumayanlah seperti contoh file di atas, karena saya menggunakan fasilitas software recordingnya Sony Soundforge 9.
Saya juga punya koleksi CD Al Qur'an dengan terjemahan per kata. Penasaran kan... Anda bisa lihat contohnya di salah satu situs ini: http://www.dprd-diy.go.id/quran/ , jadi disamping Anda bisa mendengar qiraat Al Qur'an, Anda bisa memahami arti per kata.


Sebagai ilustrasi, ketika kursor Anda arahkan ke salah satu kata dalam kotak yang berbahasa arab maka akan keluar arti dari kata tersebut. Pada tampilan di atas,saya mengarahkan kursor ke kata Bismi, dan terjemahannya adalah dengan nama. Untuk mendengarkan alunan qiraat, dapat Anda play dengan menekan icon panah di bagian bar radio button dibawah tampilan. CD terjemahan ini dari hasil nyoba, kalau di Mozila Firefox tidak bisa keluar kata terjemahannya. Sedangkan kalau pakai IE (Internet Explorer) berjalan baik.
Catatan.

Dikarenakan CD ini tidak bisa saya pecah-pecah untuk diunggah ke internet agar Anda dapat mengunduhnya secara gratis maka terpaksa harus saya kirim ke alamat Anda dan CD yang anda peroleh tidak untuk diperjual belikan karena sayapun tidak menjual CD ini.

1 comment:

Abu Syafwan said...

Ikhwa fillah..
Dari check buku tabungan, hanya beberapa orang saja yg mengganti biaya CD dan transfer. Untuk itu jika Anda benar-benar membutuhkan CD tsb dan Anda tidak memiliki uang pengganti, InsyaAllah tetap saya layani. Atau jika CD sampai ketangan Anda namun tdk sesuai harapan Anda, Insya Allah saya ikhlaskan untuk tidak diganti biaya apapun. Mohon juga kalau kiriman sdh sampai bisa infokan ke saya.
Saya sekedar mengingatkan agarAnda terhindar dari inkar janji.
Salam