Thursday, June 27, 2013

Waspada Riya' Model Baru

 
Sebagaimana kebiasaan kita selalu ingin mengenang masa-masa indah kita dikala lalu, termasuk moment pelaksanaan ibadah umrah atau hajji yang memang mungkin hanya satu kali dalam seumur hidup kita bisa melakukannya. Sedikit pesan saya, Saudaraku berhati-hati lah kalian dari riya'model baru, yang tidak pernah terjadi di jaman salaf dahulu. yaitu seorang riya'dengan foto.

Tatkala seorang melaksanakan umrah atau Hajji, berdoa atau sedang sholat kemudian difoto. Manakala bertemu dengan keluarga dan handai taulan ia berkata ,"ini lho... foto saya waktu sholat di masjidil harom,","ini lho foto saya waktu thowaf..","ini lho foto saya waktu berdoa..." bahkan ada foto yg dicetak dengan ukuran besar terpampang diruang tamu.

Sahabat,
"Alangkah ruginya, seorang melaksanakan umrah atau Hajji, datang dari negeri yang jauh, dengan biaya  yang tidak kecil, bahkan harus menunggu bertahun-tahun untuk dapat kesempatan berangkat ke tanah suci ini akan tetapi ia kembali ke rumahnya tanpa mendapat apa-apa disebabkan riya' yang ia lakukan."

Jangan sampai rusak niat kita untuk beribadah hanya karena masalah sepele dengan selfi, karena niat itu otaknya ibadah.

Semoga Allah mengkaruniakan kepada kita keikhlasan dalam setiap amal, dan semoga saudaraku yang akan menunaikan ibadah umrah atau hajjinya tahun ini mendapat kemudahan dan ridho Allah sehingga menjadi hajji yang mabrur.