Tuesday, March 23, 2010

Monorail Makkah Selesai 2010

Monorail
Progress Konstruksi Monorail

Berdasarkan berita yang dilansir Arab News: Mar 20, 2010 23:39
Pembangunan Monorail yang akan menghubungkan jalur Makkah - Mina - Arafah akan selesai dan mulai dioperasikan pada musim haji tahun ini ( 1431 H atau tahun 2010 M).
Jalur Monorail

Station Monorail

Penyelesaian project untuk pertama adalah jalur South-East dari Arafat ke Muzdalifah hal ini untuk dikarenakan pada musim haji banyak jamaah yang menginap di tenda-tenda di Mina sehingga prioritas project ini adalah jalu southeast pada musim haji tahun ini. Setiap 5 line monorail dapat mengangkut 60,000 sampai 80,000 jamaah haji antara Mina, Arafat dan Muzdalifah, dan Mina, Makkah dalam prosesi melontar jumrah.

Station monorail akan dilengkapi dengan tangga dan escalator, dan semua kereta monorail terdiri dari 12 kompartemen (gerbong ) besar dengan panjang 23 meter dan lebar 3 meter. Satu gerbong dapat mengangkut 250 sampai 300 orang jamaah. Kalau 5 jalur sudah selesai maka sekali jalan akan dapat mengangkut jamaah haji +/-18.000 jamaah, Subhanallah semakin mudahnya transportasi bagi Anda yang beruntung terpilih sebagai Duyufurrahman (tamu Allah) tahun ini.

Semoga fasilitas yang memberi kemudahan bagi jamaah haji ini dapat menambah semangat bagi Anda yang tahun ini akan menunaikan ibadah haji untuk menyempurnakan haji sesuai dengan manasik hajinya Rasulullah Salallahu alaihi wassalam.

7 comments:

wahyukurnianto said...

Subhanallah...
Semoga dengan terealisasinya penggunaan monorail ini menjadikan tidak ada lagi alasan dari departemen agama untuk memangkas beberapa prosesi haji karena alasan-alasan yang sebenarnya tidak cukup menjadi alasan yang syar'i ...

Abu Syafwan said...

Dan juga semoga dengan peningkatan fasilitas oleh Pemereintah kerjaan Saudi tidak dimanfaatkan oleh depatement agama cq. urusan haji untuk membenarkan menaikkan ongkos ibadah haji. harusnya pemerintah kita serius memperbaiki kekurangan yg dari tahun ke tahun selalu terjadi.

Mohd Saad Hamid said...

Assalamu'alaikum wm wbr.

Alhamdulillah, diharapkan monorel tersebut dapat mempercepatkan pergerakan jemaah dari Arafah ke Mudzalifah, dan dari Mudzalifah ke Mina.

Bagaimana nanti keadaah jemaah di terminal monorel? Tidak mungkinkah terjadi keadaan berdesak-desakan atau berebut-rebut (istilah Bahasa Melayu)?

Abu Syafwan said...

Waalaikumussalam wr wb,
Insya Allah,pemerintah Arab Saudi sudah punya pengalaman untuk antisipasi kondisi di terminal dengan penerapan sistem antrian / taradudi yg selama ini diimplementasikan utk angkutan Bus Arafah-Mina-Muzdalifah untuk pelaksanaan wukuf dan melontar jumrah.

ysa said...

Salam,
Saya bersyukur dapat menunaikan Ibadah Haji pada musim Haji 1431H yang lalu. Ya memang benar,monorel ini sudah beroperasi.

Sayangnya, ia hanya untuk Jemaah Haji warga negara Saudi sahaja. Mungkin untuk tahun pertama operasinya di rancang begitu. Mudah2an di buka kpd semua jemaah pada tahun2 akn datang.InsyaAllah

Abu Syafwan said...

Terima kasih update informasinya. Semoga Allah menjadikan haji tuan dan haji saudara kita diterima dengan haji yang mabrur. amin

Unknown said...

I'm really enjoying the design and layout of your website. It's a very easy on the eyes which makes it much more pleasant
for me to come here and visit more often.
Qassim & QU